Trik Jitu Yulia Astuti Kembangkan Bisnis Salon Muslimah

Rerre Adysti 2017-12-10

Mengelola usaha salon dengan puluhan cabang, tentu tidak mudah. Bagi Yulia Astuti, pendiri dan pemilik Moz5 Salon Muslimah, pencapaian ini dilewati dengan kerja keras dan manajemen bisnis yang baik.

Kehadiran Moz5 sebagai salah satu ikon salon muslimah di tanah air bermula sejak 9 Mei 2002. Saat itu Yulia memutuskan untuk mendirikan salon sendiri setelah merasa kesulitan mencari tempat aman dan nyaman bagi para muslimah untuk merawat kecantikan tubuh. Terlebih bagi muslimah berhijab yang tidak diperbolehkan memperlihatkan auratnya kepada lawan jenis, sehingga diperlukan adanya salon khusus wanita, mulai dari pengunjung sampai pegawainya.

Dunia kecantikan juga telah menjadi bagian dari keseharian Yulia yang gemar melakukan perawatan kecantikan, mulai dari merawat kulit wajah dengan masker, sampai pijat dan lulur. Bahkan ia pun gemar meracik berbagai ramuan kesehatan untuk digunakan sendiri. Kenapa tidak memulai bisnis dari apa yang disukai? Hal ini membuat Yulia kian mantap untuk menjajaki bisnis salon.

Namun bukan hal yang mudah bagi Yulia dalam memulai dunia barunya ini. Saat itu, Yulia yang berdomisili di kawasan Tanjung Priok, masih memiliki pekerjaan tetap di area Cengkareng, sambil terus memantau persiapan salon perdananya yang berlokasi di Depok. Dalam mempersiapkan pembukaan salon yang berlokasi di Jalan Margonda Raya No.455 Depok, Jawa Barat ini Yulia juga mesti mondar-mandir ke berbagai tempat. Berburu perlengkapan di pusat grosir, mulai dari kosmetik di Pasar Baru, furnitur di Klender, sampai handuk di ITC Mangga Dua, semua ia lakoni demi membangun bisnis barunya.

Yulia Astuti, pemilik Moz5 Salon Muslimah (Foto: Dok. pribadi)

Perhatian Yulia akan usaha salonnya tidak terbatas pada persiapan fisik, seperti kelengkapan produk dan furnitur saja, ia juga memastikan agar kesejahteraan karyawan, kepuasan pelanggan, sampai kualitas pelayanan tetap terjaga. Ia tidak segan-segan mendalami manajemen salon kepada konsultan profesional. Yulia juga tidak pernah absen memantau berbagai testimoni dari pelanggan di berbagai media sosial.

Saat ini, Moz5 Salon Muslimah memiliki 24 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tidak hanya di pulau Jawa, Moz5 Salon Muslimah juga hadir di Sumatera, sampai Kalimantan. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan ketekunan Yulia beserta timnya dalam mengelola Moz5 Salon Muslimah hingga seperti sekarang.

"Saat kita melakukann sesuatu atas pilihan kita sendiri, maka semuanya akan menjadi sangat indah," ungkapnya. "Dengan ketekunan dan kesabaran yang terus dibangun, suatu saat bisnis pasti akan berhasil juga."