“Day with Keune”, Sanggul Indonesia di Panggung Dunia

Rerre Adysti 2017-06-20

Produsen perawatan dan penataan rambut Keune Haircosmetics menggelar ajang Day with Keune, hair show bertaraf internasional yang melibatkan para penata rambut dan colorist ternama dunia.

Diselenggarakan di Sydney, Minggu (11/6) lalu, Day with Keune diisi penampilan stylist dan colorist kenamaan, seperti X-presion Creativos dari Spanyol yang populer dengan teknik pewarnaan rambut pixel colour; Ilham Mestour, Roberto Tarla, dan Sam Rizzo yang menampilkan gaya rambut teranyar dari Paris, Milan, dan New York Fashion Week; serta Daniel Yap dan Sam Han dari Inspired Gear yang menunjukkan teknik potong rambut presisi dan kreasi up-style.

Satu lagi nama yang mengisi panggung Day with Keune yakni Maria ‘Cathy’ Goretti Sukasti, pemilik Salon Christopher dari Indonesia. Cathy memamerkan kelihaiannya dalam penataan rambut bergaya avant garde yang terinspirasi dari berbagai sisi budaya tanah air. Mengambil tema “The Royal Majesty”, Cathy dan tim Salon Christopher menampilkan sembilan kreasi tatanan rambut dengan nuansa enam pulau di Indonesia, yakni Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua, dan Bali.

Dalam segmen “The Ballad of Java”, tim Christopher memamerkan tatanan rambut ala adat Jogjakarta yang dipengaruhi pesona keraton di abad ke-13, serta sentuhan mistis legenda Ratu Pantai Selatan. Inspirasi ini digambarkan dengan gelung sunggar yang dimodifikasi dengan kepang gaya dan hiasan bunga pada busana yang dibuat dari rambut.

Beralih ke tanah Kalimantan dalam segmen “The Heart of Borneo”, kali ini Cathy menampilkan ragam adat Melayu, Dayak, Banjar, dan Kutai. Tatanan rambut dalam segmen ini terinspirasi keindahan warna-warni hutan Borneo sebagai paru-paru dunia. Dilanjutkan dengan segmen “The Festive Sumatra” dengan kemewahan budaya warisan kerajaan Sriwijaya. Ornamen sunting keemasan menjadi simbol kejayaan kerajaan di masa lampau.

Pesona taman laut Bunaken hadir dalam segmen “Blushing Celebes”. Gaya rambut ala ubur-ubur dipadankan dengan kompleksitas motif sarung Bugis dan tenun Toraja. Kreasi sanggul Sulawesi dengan sentuhan busana warna merah dan oranye menjadi gambaran anggunnya para pengantin Bugis. Bergeser ke wilayah paling timur di Indonesia, segmen “The Dynamic of Papua” diisi inspirasi keindahan burung cendrawasih. Tatanan rambut gala dengan keriting, serta kombinasi warna oranye, kuning, dan cokelat, memberikan kesan gala dan extravagant. Untuk menghasilkan tekstur yang unik pada rambut, Cathy menggunakan kabel pada kreasi kali ini.

Tampilan kreasi ala Cathy dan tim Salon Christopher ditutup dengan segmen “The Magical of Bali”, yang dihiasi anggunnya Pulau Dewata. Cathy menampilkan dua ikon Bali, yakni Pura Besakih dan burung jalak Bali sebagai inspirasi utama kreasi tata rambut nan elegan.

(Foto: dok. Keune, Salon Christopher)