4 Manfaat Saffron untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Rerre Adysti 2021-01-11

Saffron telah lama dikenal sebagai salah satu rempah-rempah termahal di dunia yang dibanderol sekitar US$5,000 atau setara Rp70,8 juta per kilogram. Saffron banyak digunakan sebagai bahan makanan khas Persia, India, Arab, dan beberapa negara di Eropa. Saffron tidak hanya memberikan sentuhan rasa yang khas, tetapi juga warna kekuningan pada makanan. Beberapa makanan yang kerap dilengkapi saffron, yakni biryani dari Asia Selatan, risotto dari Italia, atau paella dari Spanyol.

Saffron berasal dari bunga Crocus sativus dengan warna ungu yang cantik. Harga saffron yang selangit disebabkan karena dibutuhkan sekitar 170.000 bunga Crocus sativus untuk memproduksi 450 gram saffron. Selain itu, bunga ini juga hanya dapat dipanen selama dua minggu dalam setahun dan harus dipetik manual. Inilah yang menyebabkan saffron cukup langka dan mahal harganya.

Namun, tahukah Anda bahwa saffron tidak hanya dapat digunakan untuk bahan makanan, tetapi juga untuk kesehatan kulit wajah? Saffron begitu kaya akan vitamin C, anti peradangan dan anti bakteri. Warnanya yang cerah disebabkan oleh kandungan dua karotenoid yang kuat, yakni crocin dan crocetin.

“Karotenoid diproduksi secara alami pada tanaman dan membantu proses fotosintesis. Saffron merupakan salah satu sumber karotenoid yang cukup tinggi,” ungkap Shrankhla Holecek, pendiri Uma Oils dan pakar pengobatan holistik, seperti dilansir laman Byrdie.

“Zat ini dipercaya sangat efektif dalam memperbaiki kerusakan kulit dan kesehatan sel, sehingga sangat membantu proses penyembuhan kulit dari pengaruh lingkungan, oksidasi, bahaya sinar matahari, sampai menurunnya kekenyalan kulit,” sambungnya.

Holecek menambahkan, saat diaplikasikan pada kulit, saffron membantu sirkulasi, menyamarkan bekas luka, mencerahkan hiperpigmentasi, serta mengatasi lingkaran hitam di bawah mata.

Apa saja manfaat saffron bagi kulit? Berikut beberapa di antaranya.

 

Bunga Crocus sativus yang menghasilkan saffron (Foto: Pixabay) 

1. Menyamarkan flek hitam

Saffron merupakan bahan alami untuk mengatasi masalah pigmentasi, seperti flek-flek hitam di wajah. Caranya, rendam beberapa batang saffron di air bersih, tambahkan dua sendok makan kunyit bubuk, lalu aduk rata hingga mengental. Oleskan di wajah dan diamkan hingga mengering, kemudian bilas sampai bersih.

2. Membuat kulit lebih glowing

Bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan tingkat polusi tinggi rentan memiliki kulit kusam. Saffron dapat membantu kulit lebih glowing dan bercahaya karena kandungannya yang baik bagi kulit. Caranya, rendam saffron dalam setengah gelas susu murni dan aduk hingga rata. Campuran ini dapat dioleskan di kulit hingga menyerap atau dapat juga diminum setiap hari.

3. Mengatasi jerawat

Tumbuk beberapa lembar daun kemangi dan saffron, hancurkan hingga tercampur rata. Oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Campuran saffron dan daun kemangi ampuh mengatasi jerawat aktif dan bekas jerawat yang membandel.

4. Melembapkan kulit

Saffron memiliki kandungan yang baik bagi meningkatkan kelembapkan kulit. Caranya, campurkan saffron dengan air perasan lemon, lalu oleskan pada wajah dan diamkan hingga menyerap. Saffron akan membantu melembapkan kulit, serta membuat kulit lebih segar dan bercahaya.

(Foto cover: Pixabay)