Pat McGrath Resmi Jadi Makeup Artist Pertama yang Diberi Gelar Dame oleh Kerajaan Inggris

Rerre Adysti 2021-01-01

Di penghujung 2020, Ratu Elizabeth II mengumumkan daftar tahunan New Years Honors yang berisi daftar tokoh asal Inggris yang dianggap berjasa di bidang sosial dan budaya. Salah satu sosok populer yang ada dalam daftar ini ialah Pat McGrath yang resmi menyandang titel Dame di depan namanya.

Sosok kelahiran kota Northampton itu kini menyandang gelar Dame Patricia Ann McGrath DBE setelah kerajaan Inggris mengakui pencapaiannya di bidang kecantikan. Pat merupakan salah satu makeup artist paling berpengaruh di dunia versi majalah Vogue dan termasuk dalam daftar 100 tokoh paling berpengaruh versi majalah Time di tahun 2019. Pemberian gelar oleh kerajaan Inggris ini membuat Pat menjadi makeup artist pertama dalam sejarah yang memiliki titel Dame.

Melalui akun Instagramnya, Pat mengungkapkan rasa bersyukurnya atas penganugerahan ini. “Saya sangat terharu telah dianugerahi New Year 2021 Honours List oleh Ratu Elizabeth II dengan titel D.B.E – Dame of the British Empire atas jasa di bidang fashion dan kecantikan serta keberagaman,” tuturnya.

Pat menambahkan, pencapaiannya di industri kecantikan tidak lepas dari peran orang-orang di sekitarnya, salah satunya sang ibu.

“Saya iingin berterima kasih kepada orang-orang luar biasa di hidup saya – ibu saya Jean McGrath, keluarga saya, teman-teman, kolega, dan Anda, para Beauty Lovers, yang telah berkontribusi terhadap penghargaan ini. Tidak pernah terpikir suatu hari Ratu Elizabeth II menempatkan saya dalam daftar orang-orang hebat penerima penghargaan ini,” sambungnya.

Bagi Pat, label kosmetik miliknya merupakan medium ekspresi diri untuk para beauty enthusiast dan makeup artist. Tidak lupa, Pat pun memberi semangat kepada para makeup artist untuk terus berkreasi.

“Pertama kali Pat McGrath Labs diluncurkan, brand ini didesain untuk mendorong ekspresi diri dan individualitas. Saya mendedikasikan penghargaan ini bagi para makeup artist di manapun kalian berada, saya bangga terhadap kalian semua. Jangan pernah patah semangat dalam mencapai mimpi, lewat kerja keras, kreativitas, dan kegigihan, semuanya menjadi mungkin,” pungkasnya.

Pat McGrath lahir pada 1970 sebagai generasi pertama dari keluarga imigran Jamaika. Karirnya di bidang kecantikan bermula di era ‘80an saat Pat terinspirasi hingar-bingar kota London di malam hari. Saat itulah Pat bertemu sejumlah tokoh yang berjasa dalam pencapaian karirnya, seperti stylist Kim Bowen dan Edward Enninful,

Pat dikenal akan gaya riasannya yang eksperimental dan avant garde, seperti yang ditampilkan dalam peragaan busana couture dari Dior di era ‘90an dan 2000an yang kala itu digawangi John Galliano. Pada 2015, Pat merilis label kosmetiknya sendiri, Pat McGrath Labs, yang spontan melejit hingga brand ini ditaksir senilai $1 miliar pada 2018 lalu. Brand ini menyabet banyak perhatian pecinta kosmetik dan makeup artist karena memiliki banyak varian warna yang mudah dicocokkan ke berbagai warna kulit.

Pat McGrath Labs menghadirkan pilihan shade yang bervariatif untuk berbagai warna kulit (Sumber: Pat McGrath Labs)

Jangkauan warna yang luas dalam produk kosmetiknya serta kepeduliannya akan keberagaman jugalah yang membuat kerajaan Inggris menganugerahi titel ini untuk Pat. Salah satu bukti apresiasinya terhadap kecantikan wanita kulit hitam ditunjukkan lewat hasil riasannya dalam sampul majalah Vogue Italia edisi khusus “Black Issue” pada Juli 2008 silam. Dikutip dari laman The Undefeated, majalah ini langsung ludes terjual di AS dan Inggris hanya dalam 72 jam, sampai-sampai harus dicetak ulang sebanyak 30.000 eksemplar di AS dan tambahan 30.000 untuk diedarkan di Eropa.

Kreasinya inilah yang menjadi dasar keberagaman dan jangkauan warna yang luas dalam produk kosmetik Pat McGrath Labs.

Vogue Italia "Black Issue", Juli 2008 (Sumber: dok. Vogue Italia)

Spektrum warna yang luas merupakan inspirasi bagi saya, saya ingin merayakan keberagaman individu lewat brand ini. Saya merasa terhormat karena penghargaan ini juga mengapresiasi keberagaman yang ada,” ungkap Pat, seperti dikutip majalah Vogue.

“Saya percaya, lewat kreativitas dan kegigihan, ada begitu banyak kemungkinan yang dapat terjadi, seperti penghargaan ini buktinya,” lanjutnya.

(Foto cover: dok. Instagram/Pat McGrath)