Dukung Pemenuhan Gizi Anak di Masa Pandemi, Sunpride Donasikan 12 Ton Buah di Ulang Tahun ke-25

Rerre Adysti 2020-12-14

Pandemi COVID-19 tidak hanya menimbulkan kekhawatiran dalam hal penyebaran virus, tetapi juga dampaknya terhadap pemenuhan gizi anak-anak, khususnya di kalangan keluarga kurang mampu. Kesulitan dalam mengakses sumber makanan sehat hingga kehilangan mata pencaharian membuat banyak keluarga tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi anak.

Rupanya, kurang asupan gizi dan vitamin dalam buah sudah menjadi permasalahan tersendiri di Indonesia jauh sebelum pandemi. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, sebanyak 95,5% penduduk di atas usia lima tahun masih kekurangan konsumsi buah dan sayur. Hasil riset ini juga sejalan dengan temuan dari Foodbank of Indonesia, seperti yang diutarakan M. Hendro Utomo selaku CEO Foodbank of Indonesia.

“Hasil survei Foodbank of Indonesia pada Agustus 2020 di 14 titik menyatakan bahwa 27% balita ke sekolah dengan perut kosong dan tidak makan hingga siang hari. Bahkan, di tempat lain, angkanya mencapai 40-50%. Untuk itu, Foodbank of Indonesia bertujuan untuk membuka akses pangan dan berupaya mencegah kelaparan dengan membantu meningkatkan nutrisi pada anak,” papar Hendro.

Untuk membantu pemenuhan gizi anak, khususnya di masa pandemi, Sunpride menggagas kampanye #SunprideBuatKebaikan. Berkolaborasi dengan Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation, dan Foodbank of Indonesia, Sunpride mendonasikan lebih dari 12 ton buah Sunpride ke lebih dari 32.000 anak dan masyarakat yang membutuhkan di kawasan Jabodetabek, Surabaya, dan Yogyakarta.

Dalam kampanye yang digelar pada 22 Oktober hingga 7 Desember 2020 ini, Sunpride mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah setiap hari untuk menjaga kesehatan, serta memastikan asupan gizi dan vitamin terpenuhi. Kampanye #SunprideBuatKebaikan juga diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Sunpride ke-25.

Penyerahan donasi kepada para mitra kampanye #SunprideBuatKebaikan (Sumber: dok. Sunpride)

“Dalam kampanye #SunprideBuatKebaikan, kami bersama mitra strategis Yayasan Waroeng Imaji, ReachOut Foundation, dan Foodbank of Indonesia telah mendistribusikan ke anak-anak PAUD dan TK di 24 rusun yang ada di Jakarta, serta masyarakat yang membutuhkan di Jabodetabek, Surabaya, dan Yogyakarta,” papar Cindyanto Kristian selaku Presiden Direktur PT Sewu Segar Nusantara.

Cindyanto Kristian menambahkan, “Sejak awal pandemi hingga akhir tahun 2020, secara total Sunpride telah mendonasikan ke lebih dari 133 ton buah-buahan bagi tenaga kesehatan di 93 rumah sakit, 77 instansi (sekolah, kampus, penginapan paramedis, organisasi sosial, maupun pemerintahan), anak-anak, kepolisian, dan para retailer Sunpride di Jabodetabek, Lampung, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.”

Program bagi-bagi buah gratis ini juga digelar di sejumlah rusun yang berada di Jakarta, bersama Yayasan Waroeng Imaji yang merupakan salah satu mitra dalam kampanye ini.

“Donasi hasil dari kampanye #SunprideBuatKebaikan telah kami distribusikan ke 5.058 kepala keluarga yang berada di tujuh rusun yang ada di Jakarta, yaitu Rusun Daan Mogot, Rusun Jatinegara Barat, Rusun Pulogebang, Rusun Komarudin, Rusun Pondok Bambu, Rusun Pinus Elok, dan Rusun Rawa Bebek,” ujar pendiri Yayasan Waroeng Imaji, Veronica Tan.

“Sejak pandemi, banyak kepala keluarga di rusun yang sangat terdampak pandemi COVID-19. Buah dari Sunpride sangat membantu kepala keluarga dalam memenuhi nutrisi dan gizi anak-anak dan keluarga mereka,” tambahnya.

Dalam kampanye ini, Sunpride juga menggandeng ReachOut Foundation untuk mendistribusikan bantuan kepada sejumlah PAUD dan TK di Jakarta. Cipto Rustianto selaku Director of Communications and Partnership ReachOut Foundation menyebutkan, donasi dari kampanye ini didistribusikan ke 876 siswa dan guru PAUD dan TK di Jakarta, sekaligus mengajarkan kepada anak-anak mengenai pentingnya mengonsumsi buah yang kaya akan nutrisi setiap harinya.

“ReachOut Foundation fokus pada pengembangan dan pendidikan anak usia dini di daerah pinggiran atau di bawah garis kemiskinan. Sejak tahun 2014, ReachOut Foundation telah mendirikan 17 sekolah gratis di Jakarta dan telah memperluas jangkauan dan mendirikan delapan sekolah gratis di Jambi dan dua sekolah gratis di Papua,” papar Cipto.

(Foto cover: dok. Sunpride)