Tips Memilih Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi

Rerre Adysti 2020-12-13

Memiliki kulit berminyak memang tidak nyaman rasanya. Kulit terasa basah seharian dan rentan tumbuh jerawat menjadi persoalan yang lazim dialami pemilik kulit berminyak. Berbagai persoalan juga kerap dialami pemilik kulit kering, mulai dari kulit terasa kusam sampai kasar. Namun, setidaknya kulit berminyak dan kulit kering dapat diatasi dengan mudah menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang banyak beredar di pasaran. Mayoritas merek skincare menyediakan varian untuk kedua jenis kulit ini.

Nah, bagaimana jika Anda memiliki kulit kombinasi, di mana sebagian area wajah terasa berminyak, sedangkan sebagian lainnya kering? Tidak semua brand perawatan kulit memiliki varian untuk kulit kombinasi. Bagaimana trik memilih produk skincare untuk kulit kombinasi?

Pertama-tama, Anda perlu mengidentifikasi kondisi kulit. Kulit kombinasi biasanya terasa berminyak di area T-zone, yakni dahi, hidung, dan dagu. Sementara itu, bagian pipi dan rahang biasanya terasa kering kerontang.

Salah memilih produk perawatan dapat membuat area kulit berminyak menjadi semakin berminyak, sementara area kulit yang kering menjadi semakin kering. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian dalam memilih produk yang mampu menyeimbangkan kondisi kulit, yang mampu mengurangi produksi minyak di area kulit berminyak, sekaligus melembapkan bagian kulit yang kering.

Sayangnya, menemukan produk skincare yang tepat bagi kulit kombinasi diperlukan keberuntungan tinggi, karena tidak ada satu produk yang cocok untuk semua orang. Trik yang lazim digunakan, yakni menggunakan dua produk berbeda di setiap area kulit sesuai jenisnya. Gunakan produk khusus kulit berminyak di area kulit yang berminyak, serta produk khusus kulit kering di bagian kulit yang terasa kering.

Di area kulit berminyak, Anda perlu produk dengan formula yang ringan, serta bertekstur gel, lotion kental, atau cair. Sementara itu, di area kulit kering dapat diaplikasikan booster, serum, atau moisturizer yang memiliki tingkat kelembapan tinggi.

Lalu, bagaimana dengan pembersih wajah? Apakah perlu menggunakan dua jenis pembersih wajah? Jawabannya, tidak. Cukup gunakan pembersih wajah khusus kulit kombinasi dengan tekstur yang ringan.

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan pemakaian moisturizer yang mengandung sunscreen dengan formula yang paling ringan. Namun, ada perbedaan dalam mengaplikasikan moisturizer bagi kulit kombinasi, yakni oleskan moisturizer dengan formula kental atau facial oil ke bagian kulit kering terlebih dahulu sebelum menggunakan moisturizer ringan di area kulit lainnya.

Apapun produk yang digunakan, ada satu kuncinya yang wajib diingat: hindari produk yang dilengkapi bahan-bahan keras atau merusak kulit. Pastikan setiap produk yang digunakan tidak menimbulkan iritasi pada kulit, karena hanya akan memperparah kondisi kulit.

(Foto-foto: Anna Shvets/Pexels)