WCKD Bebaskan Perempuan Indonesia dari Makeup yang Kaku

Dimas Wahyu 2020-02-05

Perempuan Indonesia semakin bertambah kesibukannya dan kompleksitasnya sejalan dengan kemajuan waktu. Tak hanya perempuan karir, ibu rumah tangga pun mengikis jumlah energi yang mirip setiap harinya. Aktivitas mulai dari bangun pagi, menyiapkan makanan anak-anak, pergi ke kantor, meeting, bertemu dengan teman-teman, bertemu dengan suami, dan lain-lain pasti menyita waktu yang sangat banyak. Tak hanya itu, aktivitas perempuan modern menyita energi mental yang cukup tinggi, kadang membuat mereka tak ingin terlalu rumit-rumit memasang makeup.

Priscilla Puspoharto, selaku founder dari WCKD, menyadari hal ini. Bedanya, Priscilla tidak membuat brand makeup yang bersifat flawless beauty atau no makeup makeup, justru ia membuat produk yang memberikan kebebasan bagi perempuan dalam mengaplikasikan makeup. Priscilla memahami bahwa masalah utama perempuan modern di Indonesia yakni dari banyaknya energi yang dikeluarkan dan waktu yang disita untuk mengaplikasikan makeup setiap hari. Menurut Priscilla, solusinya bukanlah produk baru yang lebih mudah diaplikasikan, melainkan nilai-nilai yang diberikan kepada para perempuan.

“Kami sadar bahwa banyak perempuan Indonesia mau menggunakan makeup, tetapi tidak tahu caranya bagaimana. Ada yang takut memakai blush karena dikira terlalu menor atau jerawatan,” tutur Priscilla. Ia menambahkan, pesan yang ingin ditanamkan oleh WCKD ke para perempuan yaitu makeup tidak perlu repot, dapat dipakai secara bebas, dan dapat lakukan sesuai keinginan.

“Kamu tidak perlu menjadi seorang ahli untuk memakai makeup, kami ciptakan WCKD agar perempuan dapat nyaman memakainya dan dengan diri mereka sendiri," tutur Priscilla. Baginya, perempuan modern adalah perempuan yang nyaman dengan diri sendiri.

WCKD, yang berasal dari kata "wicked", mencerminkan nilainya tidak hanya lewat kampanye media sosial, tetapi juga lewat produk-produk yang dibuat. Salah satu produk WCKD yang secara jelas menggambarkan hal ini yaitu Liberty Palette.

WCKD Liberty Palette - Deep Neutrals  (Dok. WCKD)

Sesuai namanya yang berarti “bebas”, produk ini adalah palet yang terdiri dari eyeshadow, bronzer, blush, dan highlighter. Cara pakainya? Terserah. “It’s your liberty, it doesn’t matter, as you wish and as you are comfortable," tutur Priscilla.

Ia melanjutkan, “Kalau makeup tidak cocok atau tidak nyaman, ya hapus. Kami ingin mengedukasi perempuan-perempuan agar lebih comfortable dengan diri sendiri. Mereka tidak memerlukan validasi dari orang lain, selama mereka independen dan nyaman, go on with your life.”

Setelah Liberty Palette, rangkaian produk berikutnya yakni Lip Envy. Produk ini terdiri dari enam varian warna: Naked Truth, Wild Child, Secret Weapon, Guilty Pleasure, Just Like Love, dan Sunday Morning. Nama-nama yang dibuat oleh tim WCKD ini bukanlah marketing gimmick semata, tetapi mencerminkan perasaan dan sikap yang sesuai dengan warna dari lip cream.

“Kita pakai WCKD untuk mencerminkan perasaan kita. Kalau mau interview, kita pakai agar terlihat bold and make a statement. Beda seperti hari Sabtu, lebih leyeh-leyeh, maka pakai yang soft dan nude. Kalau sedang pesta, perempuan pasti pakai merah karena mereka ingin menjadi perhatian banyak orang," ujar Priscilla.

WCKD Lip Envy - Naked Truth (Dok. WCKD)

Naked Truth merupakan lip cream dengan warna paling nude dalam rangkaian ini. Saat perempuan memakai lip cream ini, mereka ingin menjadi dirinya yang paling asli.

WCKD Lip Envy - Guilty Pleasure (Dok. WCKD)

Warna Guilty Pleasure diproduksi sesuai tren warna nude dan banyak wanita yang memilikinya, maka lip cream yang berwarna lebih peachy ini wajib dimiliki.

WCKD Lip Envy - Sunday Morning (Dok. WCKD)

Sunday Morning, warna yang cocok bagi para perempuan yang ingin bersantai dan merasa segar di pagi hari, berwarna coral dan lebih pas untuk warna kulit Indonesia.

WCKD Lip Envy - Just Like Love (Dok. WCKD)

Lip cream paling pink di koleksi WCKD bernama Just Like Love yang mencerminkan para perempuan yang ingin pergi kencan, murni berwarna pink tanpa undertone dan siap digunakan untuk menebar cinta.

WCKD Lip Envy - Wild Child (Dok. WCKD)

Shade keuangan dalam koleksi WCKD, Wild Child, khusus bagi perempuan yang ingin bereksperimen dan nyeleneh, cocok dikenakan jika ingin bepergian ke festival musik.

WCKD Lip Envy - Secret Weapon (Dok. WCKD)

Terakhir, warna best-seller yang diberi nama Secret Weapon, lip cream berwarna maroon dan bold ini menjadi senjata rahasia di kesempatan-kesempatan penting seperti meeting.

WCKD Power Flick Eyeliner - Black  (Dok. WCKD)

Rangkain produk terakhir WCKD pun masih mencerminkan nilai-nilai sama. Power flick yaitu eyeliner dari WCKD berwarna hitam dengan bentuk aplikator yang membebaskan perempuan dari rasa takut merias mata. Eyeliner WCKD sangat cocok bagi pemula yang tidak pernah atau belum mahir memasang makeup.

Priscilla menjelaskan, “Aplikator dari power flick bentuknya tipis, maka bisa digunakan tipis atau tebal. Kalau misalnya felt tip bentuknya langsung tebal, orang langsung kaget.” Priscilla menambahkan, WCKD memikirkan perasaan orang-orang yang kadang terintimidasi saat memakai eyeliner, mereka ingin agar para perempuan tidak takut menggunakannya.

WCKD memposisikan diri sebagai pendukung aktivitas perempuan, membebaskan mereka dari obligasi untuk harus mengikuti tahapan tertentu demi mencapai validitas dari lingkungannya. Beda seperti merek lain yang mengharapkan pelanggannya dapat memakainya sesuai dengan warna atau nilai yang ditetapkan di awal, WCKD percaya bahwa makeup tidak selalu harus kaku dan Priscilla percaya bahwa makeup merupakan pendukung aktivitas, bukan suatu keharusan.

“Kami berharap dapat menginspirasi perempuan di luar sana," pungkasnya

Rangkaian produk WCKD dapat diperoleh melalui Shopee dan situs resminya www.wearewckd.com

(Sumber gambar: Dok. WCKD)