Begini Tips Memilih Cushion yang Tepat Ala Wardah

Rerre Adysti 2019-08-15

Baru-baru ini, Wardah memperkenalkan koleksi kosmetik terbarunya, New Wardah Exclusive Series. Salah satu produk andalan dalam koleksi ini yaitu Flawless Cover Cushion yang menghasilkan riasan full coverage dan tampilan wajah flawless.

Selama beberapa tahun terakhir, cushion masih mengisi tren kecantikan di Indonesia. Pemakaiannya yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja, membuat cushion banyak dipilih para wanita Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih cushion yang tepat.

1. Jenis kulit

Sheilla Firdausa selaku Brand Manager Wardah menyebutkan, cushion harus disesuaikan dengan jenis kulit. “Baik kulit kering atau berminyak, memilih cushion harus sesuai dengan jenis kulit kita. Kebanyakan kulit Indonesia cenderung lebih berminyak, karena kelembapannya khas negara tropis,” ujar wanita yang akrab disapa Firda itu. Menyesuaikan jenis kulit dengan cushion juga dapat memengaruhi hasil makeup, seperti misalnya riasan glowing. “Efek natural glow itu bukan berarti kulit terlihat berminyak atau seperti kepanasan,” tutur Firda dalam peluncuran New Wardah Exclusive Series, Selasa (13/8).

2. Warna kulit

Warna kulit juga perlu diperhatikan dalam memilih cushion yang tepat. “Harus dilihat dulu, apakah kulit kita cenderung berbasis yellow-ish atau pink-ish? Produk cushion dari Wardah sendiri disesuaikan dengan mayoritas kulit Indonesia, yaitu yellow-ish,” ungkap Firda. Menyesuaikan warna cushion dengan skin tone dapat membuat hasil riasan lebih membaur sempurna di kulit.

3. Memilih formula yang sesuai kebutuhan

Sementara itu, Hilda Endang Damayanti selaku Senior Decorative Formulator dari tim Research & Development Wardah menyebutkan, formula yang terkandung dalam cushion juga sangat penting agar tidak hanya hasil riasan saja yang diutamakan, tetapi juga menjaga kondisi kulit. “Tingkat coverage dan hasil akhirnya juga perlu diperhatikan, apakah tampilannya matte atau glowing,” ujar Hilda.

4. Desain puff dan sponge yang baik

Di dalam produk cushion terdapat dua komponen utama, yakni puff dan sponge. Bagi Hillda, proses pembuatan keduanya tidak bisa dianggap sepele. “Sponge harus memiliki ukuran pori-pori yang optimal, supaya hasil polesannya menjadi lebih baik. Sedangkan puff harus waterproof agar anti-bakteri dan memberikan tampilan makeup sempurna.

Puff dalam produk cushion Wardah sendiri dibuat bersifat waterproof agar foundation di dalamnya tidak terserap atau menumpuk di dalam puff, melainkan langsung dipoleskan seluruhnya di kulit wajah. Selain membuat riasan wajah lebih optimal, puff yang waterproof juga membuat produk lebih higienis dan antibakteri.