Pondok Indah Menghadirkan Pasar Nusantara Untuk Meriahkan HUT Indonesia

Dimas Wahyu 2019-08-09

Pondok Indah Mall (PIM) untuk ketiga kalinya kembali menghadirkan perhelatan Pasar Nusantara dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Republik Indonesia. Pada kesempatan ini, PIM menggelar serangkaian acara, seperti Festival Kuliner Joglo Semar, Galeri Nusantara, dan Fashiontastic, selama periode 7-18 Agustus 2019.

Eko Dewanto selaku General Manager PIM mengatakan, “PIM mengajak masyarakat melalui Pasar Nusantara untuk merayakan perbedaan dan keberagaman ini dengan terus menjunjung tinggi Pancasila dan semangat Bhinneka Tunggal Ika sekaligus memperkenalkan karya anak bangsa dari seluruh Nusantara.”

Salah satu andalan dari perhelatan ini ialah stan makanan tradisional yang digelar setiap tahun. Dengan tema "Joglo Semar", PIM membawa makanan-makanan khas seperti Gudeg Bu Djuminten, Nasi Liwet Keprabon, Soto Bangkong Semarang, Lontong Tahu Blora, Soto Segar Boyolali, Kupat Tahu Magelang, Sego Ayam Waroeng Semio, Timlo Solo, Sate Klathak Imogiri, Lenjongan dan Brambang Asem Pasar Gede, Mie Kopyok Pak Gundul Semarang, dan masih banyak lagi. Tema "Joglo Semar" sendiri merupakan singkatan dari Jogja-Solo-Semarang, tiga kota yang menjadi daerah asal dari makanan-makanan yang disediakan dalam ajang ini.

Wisata kuliner ini terletak di Skywalk Utara lantai 2 mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Tiap tahun, hampir semua makanan yang dijual ludes sebelum jam tutup, termasuk salah satunya yang paling banyak digemari para pengunjung, yakni Gudeg Bu Djuminten.

Rangkaian lain yaitu Galeri Nusantara yang menghadirkan berbagai macam karya hasil kreasi tangan anak bangsa, seperti kain Nusantara, kerajinan, kriya Nusantara, hijab, dan produk-produk otentik lainnya. Galeri Nusantara digelar di lantai dasar PIM 1 dan 2, Atrium Street Gallery, serta North Skywalk lantai 1.

Beberapa produk lokal yang tersedia, di antaranya Khalif by Ivan Gunawan, Ary Arka/Ayu Andari, Scarvina, Batik Riana Kesuma, Rumah Kabaya/Batik Nona Jakarta, Tita Kushartanto/Maniku Borneo, Iwapi, Dhia Home, Rumah Kampung, dan By Arra.

Guna menggaet semangat milenial, PIM menggelar "Fashiontastic", ajang di mana para fashion designer muda memamerkan karya mereka. Selain itu, ada pula koleksi busana dan aksesori dari merek internasional yang memamerkan karya mereka di runway atrium PIM 2.

Untuk membantu PIM dalam segi transaksi dan pembayaran, BRI memberikan dukungannya kepada PIM kali ini. Salah satu bentuk pendampingannya ialah peluncuran BRIZZI edisi Pondok Indah Mall yang akan berfungsi sebagai alat pembayaran sekaligus membership di PIM. Setiap pemegang kartu akan mendapatkan keuntungan seperti free voucher belanja PIM senilai Rp50.000 serta free top-up saldo.

Handayani selaku Direktur Konsumer Bank BRI menyampaikan, “Produk BRIZZI kami angkat dengan tujuan mendukung program Cashless Society untuk mengkampanyekan transaksi non-tunai. Diharapkan akan memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran, sehingga pengunjung event Pasar Nusantara 2018 tidak perlu lagi repot menyiapkan uang tunai.”

BRI telah menjadi pendamping loyal Pasar Nusantara PIM selama tiga tahun, di mana tahun lalu berhasil mencatat transaksi sebesar Rp1,3 milyar di acara ini sendiri.

“Kami berharap dengan adanya Pasar Nusantara ini dapat memperkenalkan kembali kekayaan Indonesia kepada masyarakat dan menambah rasa bangga masyarakat, terutama pengunjung PIM, terhadap ragam budaya bangsa Indonesia, sehingga mampu bersinergi mewujudkan bangsa yang kokoh dan saling menghormati,” tutup Eko.

(Foto: dok. Pondok Indah Mall)