Seperti Apa Gaya Rambut Perming Ala Korea? Begini Jawaban Jun Sic dari Salon Samchic, Korea

Rerre Adysti 2019-06-28

Gaya rambut perming dapat membuat rambut terlihat lebih bervolume dan bebas lepek. Penataan rambut perming juga memiliki berbagai macam gaya yang dapat disesuaikan dengan karakter dan bentuk wajah. Tren rambut perming yang kian panas di Korea membuat L’Oréal Professionnel menggandeng seorang hairdresser papan atas di negeri ginseng itu untuk berbagi ilmu seputar teknik Korean Oleoperm kepada para penata rambut di Indonesia. Jun Sic, pendiri Samchic Beauty & Head Spa, Korea, dipilih oleh L’Oréal Professionnel untuk menampilkan tren perming ala Korea ini.

Jun Sic mendirikan salon Samchic setelah tercatat sebagai hair designer dengan omzet tertinggi di Korea pada 2002 lalu. Nama Samchic diambil dari gabungan namanya, Jun Sic, dan sang istri, Sam.

PamperPop berkesempatan untuk mewawancarai Jun Sic di sela kegiatannya menjelang workshop Korean Oleoperm yang digelar oleh L’Oréal Professionnel Selasa (25/6). Berikut hasil obrolan kami.

Tren rambut seperti apa yang sedang tren di Korea saat ini?

Sekarang di Korea sedang tren perming berbasis volume untuk menghasilkan efek rambut lebih bervolume. Teknik perming ini kemudian bisa didesain lagi menjadi berbagai macam gaya berbeda, seperti misalnya Breeze Perm, Swan Perm, Glossy Perm, Fairy Perm, Mood Perm, dan masih banyak lagi.

Apa yang membedakan semua jenis perming itu?

Jenis-jenis perming ini biasanya dibedakan dari intensitas dan banyaknya efek rambut ikal. Contohnya, Swan Perm terinspirasi dari bulu angsa yang sedikit terangkat bagian belakangnya. Lain lagi dengan Breeze Perm, lebih banyak curly-nya, lebih bertumpuk, dan ada alurnya.

Apa sebenarnya yang membedakan perming ala Korea dengan perming lainnya?

Secara budaya, sejak dulu wanita Korea senang sekali merias diri, terutama untuk rambut. Rambut wajib terlihat bervolume supaya terlihat lebih bagus. Sebab itulah wanita Korea sangat suka perming dan membuat teknik penataan rambut perming di Korea jauh lebih berkembang dan sangat berbeda dibandingkan negara-negara lain.

Banyak wanita Korea juga yang senang perming dengan model yang lebih natural dan loose. Saat bangun tidur di pagi hari, mereka cukup merapikan rambut dengan cara disisir jari. Perming ini pun bertahan sampai 4-6 bulan.

Ini juga yang membedakan perming di Korea dan Indonesia. Di Korea, fungsinya untukk mengurangi kerepotan dalam hal styling rambut, membuat styling menjadi lebih simple. Setiap bangun tidur dan selesai keramas bisa langsung disisir dengan jari.

Apakah ada bentuk wajah tertentu yang lebih cocok atau justru tidak cocok kalau di-perming?

Mengenai bentuk wajah, menurut saya tergantung bagaimana kita mendesain rambutnya agar sesuai denga bentuk wajah. Jadi, menurut saya, semua bentuk wajah bisa mencoba rambut perming, asalkan dipilih jenis perming yang sesuai. Begitu juga dengan bentuk tubuh, fungsi perming ini untuk menutupi kekurangan yang kita miliki dan memperkuat kelebihan yang kita punya. Jadi, cukup kita sesuaikan volume dan bentuk rambutnya.

Apakah ketebalan rambut juga berpengaruh?

Ketebalan rambut tidak berpengaruh, tetap tergantung bagaimana kita menyesuaikannya. Misalnya, rambut yang tebal bisa dicatok agar tidak terlalu megar.

Untuk perawatannya, produk apa saja yang perlu digunakan agar perming bertahan lama?

L’Oréal Professionnel sudah menyediakan banyak produk yang bagus untuk perawatan rambut perming. Seperti misalnya rangkaian Serie Expert Curl Contour atau Tecni.ART Siren Waves. Untuk yang rambut tipis bisa menggunakan Mythic Oil. Namun, perlu diingat, produknya harus digunakan secara rutin agar bentuk rambut tetap terjaga.

Selain pemakaian produk, apa lagi yang menentukan perming dapat bertahan lama atau tidak?

Biasanya, perming bertahan lebih lama pada rambut yang sehat, jarang di-bleaching dan diwarnai. Dua hal ini rentan membuat kerusakan pada rambut semakin tinggi, sehingga sulit bertahan lama jika di-perming. Rambut juga harus diberi vitamin dan nutrisi agar sehat dari dalam.

(Foto: dok. L’Oréal Professionnel)