6 Tips Perawatan Kulit yang Pria Wajib Tahu

Dimas Wahyu 2019-07-20

Selama ini, perawatan wajah pria dinilai lebih sederhana dibandingkan wanita. Perawatan wajah pria lazimnya cenderung lebih fokus dalam membersihkan wajah dan mencukur bulu-bulu halus di wajah.

Namun, kesadaran para pria dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah mulai mengalami peningkatan. Tidak hanya mengincar kulit bersih, para pria juga mulai mengincar tampilan kulit sehat dan awet muda. Ini waktu yang tepat untuk mulai peduli akan perawatan rambut, karena produk skincare pria telah banyak bermunculan di pasaran.

Sebelum memilih produk, pertama-tama pria perlu mengetahui jenis kulit yang dimiliki.

- Kulit sensitif, biasanya terasa perih setelah menggunakan produk perawatan.

- Kulit normal, biasanya lebih cerah dan tidak sensitif terhadap produk perawatan.

- Kulit kering, mudah terkelupas, terasa kasar, dan sering gatal-gatal.

- Kulit berminyak, nampak mengkilat dan licin.

- Kulit kombinasi, terasa berminyak di beberapa sisi (biasanya area T-zone) dan kering di sisi lain.

Setelah mengetahui jenis kulit, mencari produk skincare menjadi lebih mudah. Sebelum memulai rutinitas perawatan kulit, ada beberapa saran dari American Association of Dermatologist yang perlu dicoba para pria.

1. Baca label dan kandungan produk

Gunakan produk skincare yang sesuai dengan tipe kulit. Untuk kulit rawan jerawat, cari cleanser dan moisturizer yang berlabel oil-free atau non-comedogenic, karena produk ini tidak menyumbat pori-pori. Bagi yang memiliki kulit sensitif, gunakan produk yang fragrance-free, karena produk yang mengandung pewangi dapat membuat kulit menjadi iritasi dan kering.

2. Cuci muka setiap hari dan setelah berolahraga

Mencuci muka dengan sabun khusus pembersih wajah dengan formula lembut setelah beraktivitas dan hindari sabun batangan yang mengandung formula kasar yang dapat membuat kulit kering.

3. Perhatikan cara mencukur janggut

Bagi pria yang menggunakan cukur rambut dengan pisau ganda, memang hasilnya memuaskan, tetapi hasil cukuran kadang terlalu dekat dengan kulit. Untuk yang masih mengalami beruntusan atau iritasi karena mencukur, ada baiknya kembali ke pisau cukur dnegan pisau tunggal. Sebelum mencukur, basahi kulit agar terasa lebih halus. Jangan lupa mengoleskan shaving cream dan cukur ke arah tumbuh rambut.

4. Periksakan kondisi kulit secara berkala

Jangan sepelekan perubahan kondisi kulit yang mencurigakan, seperti flek atau jerawat yang terasa gatal, berdarah, atau berubah warna. Beberapa kondisi kulit ini sepintas terlihat sepele, padahal dapat menjadi risiko kanker kulit. Jika kamu mengalami kondisi ini, segera konsultasikan ke dokter kulit. Khususnya pria berusia di atas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi mengalami melanoma, salah satu jenis kanker kulit yang paling ganas.

5. Jaga kelembapan kulit setiap hari

Moisturizer bekerja untuk memerangkap air ke dalam kulit, serta membuat kulit lebih cerah dan awet muda. Bahkan kalau kulit kamu termasuk kulit berminyak pun tetap perlu memakai moisturizer untuk menjaga elastisitas kulit. Untuk hasil terbaik, gunakan moisturizer setelah mandi atau sebelum beraktivitas di pagi hari.

6. Gunakan tabir surya

Untuk mengurangi dampak buruk sinar UV ke kulit, seperti kerutan, bintik-bintik tanda penuaan, dan kanker kulit, gunakan tabir surya di wajah dan tubuh. Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya bersifat water resistant dengan SPF 30 atau lebih. Oleskan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas dan diulang setiap dua jam sekali, juga setelah berenang atau berolahraga.

(Foto: Independent)