Lahir di Tengah Pandemi, ZUZU Beauty Care Buka Peluang Usaha Bagi Para Entrepreneur

Rerre Adysti 2021-03-21

cover-lahir-di-tengah-pandemi-zuzu-beauty-care-buka-peluang-usaha-bagi-para-entrepreneur

Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama lebih dari setahun memberi dampak masif bagi banyak orang, termasuk dalam segi ekonomi. Namun, kondisi ini tidak menyurutkan Nilamsari dan Anti Gantira untuk mendirikan ZUZU Beauty Care, skincare brand lokal terbaru yang resmi meluncur pada Agustus 2020 lalu.

Nilamsari dan Anti, dua entrepreneur yang telah lama berkecimpung di bisnis kuliner dan properti, melirik industri skincare yang kian hari kian meroket di tanah air. Di saat bersamaan, keduanya juga merasa prihatin akan maraknya kasus PHK dan bertambahnya jumlah pengangguran di Indonesia sebagai dampak dari pandemi. Keduanya berharap ZUZU tidak hanya hadir untuk merawat kecantikan kulit, tetapi juga mendorong para calon entrepreneur untuk menjajal bisnis skincare.

Sesama perempuan, misi kami adalah bisa saling meng-empower dan berkolaborasi. Dengan adanya ZUZU, dapat menaikkan jumlah entrepreneur di Indonesia yang muncul sebagai pengusaha-pengusaha baru di sektor online,” ujar Nilamsari selaku Komisaris ZUZU Beauty Care, melalui siaran pers.

Kehadiran para pengusaha baru ini diharapkan mampu menggenjot bisnis kecantikan di Indonesia yang kian diramaikan label-label baru. Pernyataan ini diamini Heera, yang juga merupakan salah satu Komisaris ZUZU.

Salah satu owner dari ZUZU sudah mempunyai pabrik skincare dan kosmetik yang terletak di Yogyakarta, yang spesifik membuat skincare dan kosmetik lokal dengan ramuan-ramuan andalan. Dikarenakan respon pasar yang sangat bagus terhadap dunia skincare dan kecantikan, ini memicu kami mendirikan ZUZU dengan harapan untuk menghasilkan produk retail skincare berkualitas yang bisa dibanggakan oleh masyarakat Indonesia,” papar Heera.

ZUZU didirikan dengan pemahaman bahwa skincare atau produk kosmetik pada umumnya tidak dibuat untuk mengubah penampilan, tetapi untuk membuat penggunanya merasa nyaman dengan tubuhnya sendiri. Saat seseorang telah merasa nyaman dengan dirinya sendiri, di situlah rasa percaya diri, self-love, self-empower akan tumbuh.

ZUZU is all about empowerment. Mimpi kami adalah untuk bisa meng-empower masyarakat Indonesia, perempuan pada khususnya, baik secara ekonomi untuk berdaya di atas kaki sendiri ataupun secara potensi agar masing-masing individu bisa mencapai level pencapaian maksimum,” tutur Nilamsari.

Lalu, bagaimana cara ZUZU Beauty Care memberdayakan para calon pengusaha? ZUZU telah mempersiapkan paket improvement bagi para distributor, agen, dan reseller, serta pendampingan marketing secara aktif. Program improvement ini meliputi personal, public speaking, managerial skill, negotiation skill, dan masih banyak lagi. Saat ini, ZUZU mengelola sistem penjualan melalui daring dan merekrut distributor, agen, dan reseller dropship di berbagai wilayah Indonesia.

Untuk sementara, kami baru launching di area Jabodetabek. Harapan kami adalah ZUZU dengan cepat akan segera ekspansi untuk di seluruh Pulau Jawa, kemudian akan segera merambah area Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, juga Indonesia Timur yang sekarang marketnya justru sangat berkembang luar biasa potensial,” ujar Heera.

ZUZU menargetkan minimal 8.000 produk akan terjual di bulan pertama dengan fokus konsumen 90% wanita dan 10% pria.

Bahan Alami yang Ringan di Kulit

Tentu saja, strategi penjualan tidak akan lengkap tanpa jajaran produk yang diformulasikan dengan baik. ZUZU menghadirkan komposisi skincare dengan bahan alami, seperti yam bean, aloe vera, hyaluronic acid, licorice, dan honey extract yang berfungsi melembapkan kulit. ZUZU juga mengandung niacinamide, vitamin C, barley extract, dan cherry blossom extract untuk mencerahkan kulit, ditambah dengan cucumber extract yang menenangkan kulit. Seluruhnya menghasilkan tekstur yang ringan dan tidak lengket di kulit, sehingga cocok bagi kulit negara tropis seperti Indonesia.

Salah satu produk yang ditawarkan ZUZU, yakni rangkaian serum yang tersedia dalam berbagai varian untuk aneka persoalan kulit. ZUZU menyediakan tiga varian serum, yakni Brightening Serum yang mengandung vitamin C, barley extract, dan licorice extract untuk kulit lebih cerah, serta honey extract dan cherry blossom extract yang menjaga kulit tetap sehat; Acne Serum untuk merawat kulit berjerawat dan berminyak; dan Dark Spot Serum, yang mengandung vitamin C, barley extract, dan Tranexamoyl Dipeptide-23 untuk menyamarkan noda hitam dan membuat kulit wajah tampah lebih cerah, ditambah yam bean extract, honey extract, dan aloe vera extract untuk menjaga kulit tetap sehat.