H&M Luncurkan Jeans Katun Daur Ulang, Kolaborasi Bersama Lee

Rerre Adysti 2021-02-05

cover-hm-luncurkan-jeans-katun-daur-ulang-kolaborasi-bersama-lee

Brand denim legendaris asal AS, Lee, digandeng H&M dalam koleksi terbarunya. Koleksi ini menjadi kali pertama H&M meluncurkan jeans katun daur ulang 100% dan back patches vegan yang terbuat dari gabus.

Proyek Lee x H&M menjadi kolaborasi holistik dengan teknologi di setiap tahapan desain dan produksinya, di mana H&M juga akan mempublikasikan data Life Cycle Assessment (LCA) di situs resminya yang menunjukkan dampak air, CO2, dan energi dari setiap produk dari bahan mentah hingga akhir penggunaan.

Dari segi desain, koleksi ini dirancang dengan siluet oversized dan pilihan work wear yang menggambarkan heritage dari brand Lee. Mulai dari denim untuk wanita, pria, hingga anak-anak tersedia dalam koleksi ini, yang siap meluncur mulai 4 Februari 2021.

Barisan denim untuk wanita terdiri dari jeans lebar dan longgar bernuansa 90an, serta rider jacket klasik yang dibuat ulang dengan bentuk siluet oversized. Ada pula korset denim yang menambah kesan feminin, overalls dan over shirts bernuansa work wear, serta potongan jersey Texloop Recycled Cotton.

Untuk koleksi pria, jaket work wear menjadi bagian esensial yang diiringi dengan jeans lima saku yang terbuat dari 100% katun daur ulang. Ada pula carpenter jeans yang dirancang dengan pewarna laser ramah lingkungan dan hemat air. Koleksi ini juga diisi work wear overalls, topi bucket denim, tote bag, dan jersey untuk melengkapi gaya berbusana.

Kami senang bekerjasama dengan Lee untuk mendorong perubahan. Perubahan pakaian denim yang lebih berkelanjutan dan sirkular,” ungkap Jon Loman, desainer H&M.

Kami melihat setiap detail dan saling menantang dengan cara yang positif. Sungguh luar biasa bekerja dengan desain ikonik Lee dan memberi mereka sedikit cita rasa kami, yang dapat kami bagikan ke pecinta denim H&M di seluruh dunia,” lanjutnya.

Lee x H&M merupakan kolaborasi ambisius yang mengutamakan keberlanjutan dalam desainnya. Kedua brand ini mengambil pendekatan holistik dalam setiap tahapan produksinya. Koleksi ini menggunakan jeans katun daur ulang 100% yang terbuat dari 80% limbah pasca-industri dan 20% limbah pasca-konsumen. Ada pula denim yang bebas kapas, terbuat dari serat buatan yang dapat diperbarui, serta pewarna hemat air dan pencucian denim berdampak rendah yang diverifikasi oleh pihak ketiga untuk konsumsi air, bahan kimia, dan energinya.

Lee bangga bisa berkolaborasi dengan H&M untuk membuat denim yang lebih baik,” ujar Chris Waldeck selaku Global Brand President Lee.

Brand kami didirikan lebih dari 130 tahun yang lalu atas dasar inovasi dan hari ini kami senang bisa bergabung dengan H&M untuk mendorong konsep denim yang lebih maju menuju masa depan yang berkelanjutan,” sambungnya.

Koleksi Lee x H&M ini juga tersedia di gerai H&M di Indonesia, yakni di Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, Kota Kasablanka, Central Park Mall, Paskal 23 Bandung, dan Paris Van Java Bandung, serta situs resmi H&M.

(Foto-foto: dok. H&M)

TAGS : fashion h&m lee denim