Apa Manfaat Kolagen untuk Kebugaran Tubuh?

Dimas Wahyu 2018-09-01

cover-apa-manfaat-kolagen-untuk-kebugaran-tubuh

Anda tentu sering mendengar produk skincare yang diperkaya dengan kandungan kolagen. Zat yang satu ini memang begitu kaya akan manfaat bagi kesehatan kulit wajah dan menunda penuaan dini. Namun, kolagen tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan saja. Kolagen juga memiliki segudang manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Kolagen adalah protein yang secara natural ditemukan di kulit manusia yang sangat penting untuk menjaga tekstur dan elastisitas kulit. Sayangnya, produksi kolagen di dalam tubuh akan terus menurun seiring bertambahnya usia.

Selain di tubuh manusia, kolagen juga dapat ditemukan lewat protein hewani. Bukan di bagian daging, melainkan kolagen berada di tendon-tendon yang menyambungkan otot. Kolagen pun dapat ditemukan di tanaman kunyit. Walau terdapat di banyak sumber, jumlahnya tidak sebanyak jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen.

Suplemen membantu mengirim peptida kolagen ke dalam tubuh yang dapat meningkatkan kadar kolagen secara langsung. Manfaatnya bagi tubuh begitu kaya dan ditunjang oleh bukti-bukti ilmiah. Berikut beberapa manfaat dari suplemen kolagen.

1. Manfaat untuk kulit

Menurut penelitian, suplemen kolagen memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satunya, yakni penelitian pada tahun 2013 yang membuktikan bahwa konsumsi kolagen dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Riset lainnya, seperti dirilis di laman resmi National Center for Biotechnology Information (NCBI), konsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit secara signifikan. Dalam riset yang melibatkan 69 wanita berusia 35-55 tahun ini, mencatat adanya peningkatan elastisitas kulit dalam waktu empat minggu dan tidak ditemukan efek samping.

2. Manfaat untuk tulang dan sendi

Kolagen hidrolisat adalah suplemen gizi yang terbukti memberikan efek anabolik pada jaringan tulang rawan. Konsumsi suplemen kolagen dinilai mampu menghasilkan dampak positif terhadap pasien osteoartritis. Dalam penelitian yang dirilis di laman NCBI, menunjukkan adanya penurunan rasa nyeri sendiri yang dialami oleh atlet yang mengonsumsi suplemen kolagen secara rutin.

3. Manfaat untuk pencernaan

Dr. Josh Axe, seorang dokter naturopathic, menyatakan bahwa kolagen dapat membantu menangani leaky gut syndrome, kondisi medis yang menyebabkan masalah pencernaan hingga sensitif terhadap makanan. Usus manusia dilindungi oleh lapisan sel yang diikat oleh protein. Leaky gut syndrome terjadi ketika adanya malfungsi pada produksi protein yang mengikat usus. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal, mulai dari konsumsi alkohol dan obat-obatan, pola makan yang kurang sehat, bahkan stres kronis.

(Foto: Verdefood, Wetmarket)

TAGS :